teori interpersonal relations peplau

Hildegard E. Peplau dikenal sebagai “Ibu Keperawatan Psikiatri” karena karya teoretis dan klinisnya membuka jalan bagi pembentukan keperawatan psikiatri sebagai bidang spesialisasi yang unik.

Prestasinya sebagai ahli keperawatan jiwa, pendidik, penulis, dan pemimpin keperawatan dan ahli teori semuanya berdampak pada keperawatan.

Kepemimpinannya berhasil menjadi kekuatan pendorong profesionalisasi keperawatan. Peplau adalah direktur eksekutif dan presiden Asosiasi Perawat Amerika (American Nurses Association/ANA).

Peran Peplau sebagai presiden ANA adalah mendefinisikan keperawatan pada tahun 1980, yang merupakan proklamasi keperawatan dan profesi perawat serta kontrak sosial dengan masyarakat.

Melalui kredensial, Peplau mendorong norma dan regulasi professional keperawatan. Di Teachers College, Columbia University, Peplau mengajar kuliah pertama untuk mahasiswa pascasarjana  keperawatan jiwa, dimana ia menekankan pentingnya kemampuan perawat untuk memahami perilaku mereka sendiri untuk membantu orang lain dalam mendeteksi kekhawatiran yang nyata.

Buku yang berjudul, “Interpersonal relations in Nursing (1952)”, telah diterima secara luas dan dianggap sebagai buku teks teori keperawatan pertama sejak Florence Nightingale pada tahun 1850-an.

Dalam buku tersebut, Peplau menggambarkan hubungan perawat-pasien sebagai “aktivitas interpersonal terapeutik yang signifikan”.

Dia membahas empat pengalaman psikobiologis yang memaksa respons pasien yang destruktif atau konstruktif, antara lain: kebutuhan, frustrasi, konflik, dan kecemasan.

Peplau juga mengidentifikasi empat fase hubungan Perawat-Pasien, perubahan hubungan Perawat-Pasien, dan menggambarkan enam peran keperawatan.

BACA JUGA: Teori Lingkungan Florence Nightingale

Empat fase hubungan perawat-pasien menurut Peplau yaitu:

  1. Orientasi
  2. Identifikasi
  3. Eksploitasi
  4. Resolusi
Fase Tumpang Tindih dalam Hubungan Perawat-Pasien
Perubahan Hubungan Perawat-Pasien.

Enam peran keperawatan menurut Peplau, antara lain:

  1. Orang asing (Stranger)
  2. Narasumber (Resource Person)
  3. Guru (Teacher)
  4. Pemimpin (Leader)
  5. Pengganti (Surrogate)
  6. Konselor (Counselor).

BACA JUGA: 14 Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Virginia Henderson

Peplau memiliki hubungan profesional dengan orang lain di bidang psikiatri, kedokteran, pendidikan, dan sosiologi yang memengaruhi pandangannya tentang apa itu profesi dan apa yang seharusnya dilakukan (Sills, 1998).

Teori dan karya Peplau banyak dipengaruhi oleh teori hubungan interpersonal Freud, Maslow, dan Sullivan, serta oleh model psikoanalisis kontemporer.

Peplau juga meminjam model psikologis untuk mensintesis Teori Hubungan Interpersonal miliknya.

Teorinya tentang hubungan perawat-pasien telah dikenal secara internasional dan terus mempengaruhi praktik dan penelitian keperawatan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.