Perawat.org adalah situs web keperawatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan profesi Perawat melalui publikasi.

Situs ini merupakan transformasi dari blog pribadi Leo Rulino, yang telah dimulai sejak tahun 2012 di platform blogger, sebelum kemudian bermigrasi ke WordPress pada 2019

Sejak kami menerbitkan artikel pertama, blog kami telah dikunjungi oleh lebih ratusan ribu Perawat dan mahasiswa keperawatan di Indonesia, serta menjadi salah satu situs web yang dipercaya oleh Perawat untuk mendapatkan informasi.

Mulai tahun 2017, PPNI berturut-turut menerbitkan standar-standar untuk memandu praktik keperawatan. Mulai dari SDKI, SLKI, SIKI hingga terakhir SPO pada 2021.

Standar-standar tersebut adalah angin segar bagi perawat Indonesia yang selama ini menggunakan standar negara lain (NANDA, dsb) sebagai panduan asuhan keperawatan, dimana banyak terjemahan dan tafsir yang berbeda-beda

Contoh sederhana adalah ketiadaan kesepakatan tentang penyebutan masalah keperawatan (misal, bersihan jalan napas tidak efektif Vs. ketidakefektifan bersihan jalan napas).

Beberapa tahun setelah terbitnya SDKI, SLKI, SIKI, dan SOP PPNI, masih banyak perawat di Indonesia yang masih belum memahami isi dari standar-standar tersebut, bahkan ternyata masih ada pula yang belum mengetahui isi standar tersebut.

Standar yang sifatnya memandu bukanlah sebuah buku ajar yang bersifat penjelasan. Sehingga ada beberapa poin dalam SDKI, SLKI, SIKI, dan SOP PPNI yang dirasa perlu dianalisa dan dibahas lebih lanjut untuk memudahkan perawat dalam memahami isi dari buku SDKI, SLKI, dan SIKI.

Kurangnya informasi tentang analisis dan pembahasan SDKI, SLKI, SIKI, dan SOP PPNI yang tersedia di internet membuat kami memfokuskan diri untuk mengupas secara detail setiap diagnosis, luaran, intervensi, dan prosedur yang telah distandarkan oleh PPNI

Misi kami adalah menyediakan informasi terbuka bagi Perawat Indonesia dalam rangka menumbuhkan serta memelihara pengetahuan, keterampilan, dan sikap keperawatan demi kualitas pelayanan keperawatan yang lebih baik.

Tim Editorial

Editor

Leo Rulino, S.Kep., Ns., S.H., M.Kep

Kontributor

  1. Antonius Salomo, S.Kep., Ns., Kepala IGD RS Indriati, Solo Baru, Sukoharjo.
  2. Ria Desita Natalia, S.Kep., Ns., Nursing Development Coordinator, RS Siloam Bekasi Timur.
  3. Nanang, S.Tr.Kep., Infectious Prevention & Control Nurse, RS Mitra Medika Pontianak.

IT Support

Niagahoster

Kontak

PT. Mitra Perawat Indonesia

Email: editor@perawat.org

Whatsapp: 0856-9770-0644 (Leo Rulino)